Tuesday, May 19, 2015

Profil M. DEDDY

M. DEDDY
Professional Make Up Artist ‘Multi Talenta’



Muhammad Datuk Deddy Nurjadi Pasha, SE, atau lebih dikenal dengan M.Deddy, telah dikenal luas di masyarakat sebagai seorang Professional Make Up Artist ‘Multi Talenta’. Suami dari Neng Ida ini telah menggeluti dunia tata rias dan kecantikan selama lebih dari 30 tahun. Disamping sebagai penata rias pengantin, ia juga di kenal sebagai seorang yang ‘humoris’, pandai bergaul, dan selalu akrab dengan siapa saja. Ia juga pandai bernyanyi dan memasak. Disetiap Show-nya diberbagai daerah di Indonesia, tak jarang, Bapak 2 orang putra dan 3 orang putri ini mendendangkan beberapa lagu dihadapan peserta seminar.


Karya-karyanya selalu fenomenal dan menjadi rujukan bagi perias-perias muda dan masyarakat pada umumnya. Yang sangat ‘fantastis’, karya-karyanya itu telah dibukukan dan hingga saat ini berjumlah sekitar 27 buku tata rias yang beredar di seluruh Indonesia. Alumni M. Deddy memang tak ‘pelit’ dengan ilmu. Lebih dari itu, totalitasnya di bidang tata rias membuat Kementrian Pendidikan dan Kebudayan memberikan penghargaan khusus sebagai pengarang buku Tata Rias Terbanyak pada tahun 2011.


Otodidak & Franchise M. Deddy Salon

Bakat dan talentanya di bidang tata rias dan kecantikan ia dapatkan secara ‘otodidak’. Sejak mudanya, M. Deddy rajin membaca buku dan mengikuti berbagai seminar kecantikan. Ia pun mendapatkan banyak pelajaran dan pengetahuan. Ia mencoba mengaplikasikan semua ilmu dan pengetahuannya itu menjadi sebuah karya ala M. Deddy. Bakat seni yang telah dimiliknya sejak kecil semakin memudahkan dirinya dalam membuat kreasi-kreasinya di bidang tata rambut dan tata rias wajah. Ide-idenya selalu kreatif dan inovatif, hingga selalu membuat ‘penasaran’ banyak orang. Ia mewujudkan semua mimpi-mimpinya dalam sebuah karya yang selalu fenomenal dan menjadi trend di masyarakat luas.


Ketertarikan M. Deddy pada dunia kecantikan di mulai sekitar tahun 1977, secara otodidak ia belajar cutting dan blow, serta terjun langsung dengan bimbingan Eno, pemilik Eno Salon di kawasan Menteng, Jakarta. Beberapa tahun kemudian, pria yang mirip dengan pemusik dan vokalis Mus Mujiono ini bekerja di Salon Rudy Hadisuwarno, Cikini. Setelah itu, ia memutuskan untuk membuka salon sendiri di kawasan Blok M, Jakarta dengan nama M. Deddy Salon. Dari hari ke hari salonnya terus berkembang, M. Deddy menuturkan, “kita pindah ke tempat yang lebih luas di daerah Senopati, Jakarta.” 

Seiring dengan perkembangan M. Deddy Salon, di buka lah beberapa cabang Franchise M. Deddy Salon, antara lain di Depok, Cikini, Dewi Sartika, Blora, Mayestik, dan Jakarta Barat,“Saya juga bekerjasama dengan Supermarket Dwima di daerah Pondok Indah, Jakarta Selatan,” tambah Deddy.

Sanggul Sirip Ala M. Deddy

Melihat peluang yang cukup besar di tata rias pengantin, dan keinginannya untuk terus belajar, 20 tahun lalu, M. Deddy mulai mendalami tata rias pengantin, “Saya belajar make up sendiri dan rajin mengikuti berbagai seminar kecantikan rambut dan make up,” ungkapnya seraya menambahkan, “dari salah satu seminar yang diadakan oleh Puspita Martha (Martha Tilaar) dengan pengajar hairstylist Thailand, Mr. Pong telah menginspirasi saya untuk mempelajari dan mendalami sanggul. Sepintas, orang akan tahu ciri khas dari sanggul sirip saya.”

Bakat melukis yang dimilikinya, diaplikasikan dalam dunia kecantikan dengan kreasi body painting pada setiap karyanya, baik di seminar, maupun workshopnya. “Saya suka membuka-buka internet, membeli bermacam buku kecantikan untuk mendalami ilmu dan menambah wawasan kecantikan untuk menghasilkan kreasi yang up date,” ujar narasumber untuk Sanggul, Make Up, Tata Rias Pengantin, Hijab, Pangkas Pria Artistik di berbagai seminar/workshop kecantikan.



Mengidolakan Rudy Hadisuwarno

Disetiap show-nya diberbagai daerah di Indonesia, M. Deddy selalu tampil maksimal.Biasanya ada yang terlihat ‘beda’ dan ‘baru’ di setiap shownya. Disetiap seminar kecantikan, dimana ia menjadi nara sumber, M. Deddy mengeluarkan seluruh bakat dan kemampuan menjadi suatu pertunjukan yang ‘heboh’ dan memberi kesan tersendiri bagi peserta yang hadir. Dedikasi M. Deddy dibidang Tata Rias dan Kecantikan memang tidak perlu diragukan lagi. Jam terbangnya membuktikan konsistensi dan kepiawaiannya hingga ia sangat dikenal luas oleh masyarakat. Tapi M’ Deddy adalah tetap M. Deddy, yang selalu haangat, akrab, dan humoris. Ia tak pernah sombong dan selalu tampil apa adanya. Spontanitas dan jiwa entertaint yang menjadi salah satu ciri khasnya, telah menjadikan sosok M. Deddy selalu ditunggu-tunggu kehadirannya oleh masyarakat luas, tentunya dengan sesuatu yang ‘baru’ dan ‘unik’.

  

Tak banyak yang mengetahui jika M. Deddy, sosok yang aktif hadir sebagai narasumber diberbagai even kecantikan di seluruh Indonesia, hingga Singapura dan Malaysia ini sangat menggagumi Maestro Hairdresser Indonesia, Rudy Hadisuwarno. “kapan-kapan kalau saya jadi hairstylist, ingin sekali satu panggung dengan idola saya, Rudy Hadisuwarno,” ucapnya ketika itu. Siapa sangka, angan-angan M. Deddy terwujud, “Alhamdulillah, dalam beberapa kesempatan, saya bisa tampil dalam satu panggung dengan Rudy Hadisuwarno,” katanya pada INSBEAUTY dengan sumringah.

Sukses Karier, Keluarga & Akherat

M. Deddy yang lahir di Kota Hujan Bogor ini, dalam kesehariannya selalu tampil sederhana. Ia tak pernah meninggalkan kewajibannya dalam melaksanakan sholat 5 waktu, sekalipun ia sibuk dalam berbagai kegiatan. Nasihat-nasihatnya selalu didengar oleh para murid-muridnya yang saat ini telah tersebar diberbagai daerah di Indonesia. Bagi M. Deddy, silaturahim dengan sesama manusia merupakan suatu hal yang sangat penting. Ia tak pernah pilih-pilih dalam bergaul dan berkomunikasi. Bahkan dipelosok daerah sekalipun, M. Deddy selalu bersemangat dalam berbagi ilmu. Kepiawaiannya dalam bidang tata rias dan kecantikan telah membuat dirinya selalu diminta sebagai nara sumber dan juri diberbagai lomba dan seminar.


Dibalik kesuksesannya di bidang tata rias, M. Deddy juga sukses membina keluarganya. Ia juga sangat mencintai keluarganya. Baginya, keluarga adalah sumber inspirasi dan pemberi semangat dalam mewujudkan semua mimpi-mimpinya, khususnya dalam bidang tata rias dan kecantikan. Di lingkungan keluarganya, M. Deddy adalah sosok seorang bapak dan kepala rumahtangga yang sangat bertanggungjawab. Disela-sela kesibukannya, ia selalu menyempatkan diri untuk memberikan nasihat-nasihat kepada semua anak-anaknya. M. Deddy telah dikaruniai 5 orang anak dan 4 orang cucu. Bahkan salah satu anaknya saat ini sukses berkarir sebagai seorang diplomat.


M. Deddy sangat mensyukuri semua yang telah diraihnya saat ini. Semua keinginan dan impiannya telah terwujud, antara lain: membuat buku tata rias; show tunggal; aksi panggung spektakuler, seperti: body painting sambil menari Bali, pangkas rambut sambil berjoged Gangnam Style, pangkas rambut sambil dance dan mengguting kertas; membuat album lagu; mempunyai murid yang tersebar di seluruh Indonesia. “Alhamdulillah, semuanya sudah terwujud. Cita-cita saya sekarang ini, adalah sukses di karier, keluarga dan akherat,” ungkapnya.



BIODATA :

Nama Lengkap : Muhammad Datuk Deddy Nurjadi Pasha, SE.
Tempat/Tgl Lahir : Bogor, 16 Juni 1952
Alamat : Komplek Garuda No. 29 B, Jl. Raya Pasarminggu, Jakarta Selatan
Nama Istri : Neng Ida
Anak : 2 putra, 3 putri

Penghargaan :
  • Juara 1 Make Up Malam dan Sanggul Malam di Jakarta, Tahun 1982.
  • Make Up Competition Favourite di Austria Tahun 1986.
  • Juara 2 Lomba Pop Singer di Jakarta dari Broery Enterprise Tahun 1987.
  • Penata Rias dan Rambut Kreatif Tahun 1993 di Jakarta.
  • The Most Outstanding Stylist di Jakarta Tahun 1995.
  • Best Excecutive Citra Award di Jakarta Tahun 2001.
  • Juara 1 Pengantin Modifikasi Tradisional di Jakarta Tahun 2005.
  • Juara 3 Lomba Make Up dan Body Painting tingkat dunia di Malaysia Tahun 2007.
  • Professional Make Up Artist berprestasi dari DPP Tiara Kusuma, Jakarta
  • International Best Excecutive Citra Award di Jakarta Tahun 2009-2010.
  • The Best Profesional Make Up Artist dari ASEAN Programme Consultant Tahun 2010. 

Pengalaman Kerja :
  • Pembawa Acara Kecantikan di 3 Radio Swasta.
  • Menjadi Dosen Luar Biasa Jurusan Tata Rias di UNJ selama 3 Tahun.
  • Merias Artis Gado-gado Ngetop di TV Swasta selama 1 Tahun.
  • Merias artis-artis di acar Semarak Dangdut di TV Swasta selama 1 Tahun.
  • Menjadi Juri dan Narasumber diberbagai lomba dan seminar di Indonesia dan Luar Negeri.
  • Show di Amsterdan, Belanda dengan 11 Designer Indonesia Tahun 1986.
  • Show Tata Rias Wajah dan Rambut di Vienna, Austria, Tahun 1986.
  • Mengkoordinir Pemecah Rekor Guinnes Book of Record International, Cuci Blow 5000 orang di Jakarta, Tahun 2000.
  • Membuat Buku-buku tentang Tata Rias bersama Penerbit Gramedia sebanyak 27 Judul Buku.

No comments: