Wednesday, June 25, 2014

LAUNCHING SWAM – AAAM AESTHETIC EXHIBITION 2014


Tahun ini, untuk ke lima kalinya PERDESTI (Persatuan Dokter Estetika Medik Indonesia) menyelenggarakan Seminar and Workshop in Aesthetic Medicine (SWAM) yang berskala nasional di Indonesia. Kali ini, PERDESTI berkolaborasi dengan AAAM (American Academy of Aesthetic Medicine). Pada kesempatan launching tersebut dr. Teguh Tanuwidjaja, M.Biomed (Ketua Umum PERDESTI) berkesempatan memotong tumpeng sebagai simbol atau tanda dimulainya SWAM – AAAM AESTHETIC EXHIBITION 2014 yang rencananya akan berlangsung tanggal 12 – 14 Desember 2104 di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta.

PERAN PERDESTI DI ERA GLOBALISASI

PERDESTI merupakan perhimpunan para dokter anggota IDI yang memiliki minat yang sama di bidang estetika, bersifat multidisipliner dan tidak berpredikat ahli, dijiwai oleh sumpah dokter Indonesia serta mematuhi kode etik kedokteran Indonesia. Tujuan dari terbentuknya perhimpunan ini adalah untuk memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat tanpa memandang strata ekonomi.

PERDESTI didirikan di Surabaya, 31 Juli 2006 dan hingga saat ini telah beranggotakan sekitar 2000 dokter dari berbagai disiplin ilmu kedokteran dengan mayoritas anggota dokter umum dan tersebar diseluruh pelosok tanah air. Setelah delapan tahun berdiri, kini PERDESTI telah memiliki 11 cabang yaitu : DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Kepulauan Riau (Batam), Makassar, Medan, Riau Daratan, dan Palembang.

Disamping untuk menghimpun sejawat dokter anggota IDI yang seminat di bidang Estetika Medik, PERDESTI mempunyai tanggungjawab untuk memperdalam dan mengembangkan pengetahuan ketrampilan anggota agar dapat diamalkan demi kepentingan kesehatan bangsa Indonesia, khususnya dalam hal Estetika Medik. Untuk mencapai tujuan itu, PERDESTI menyelenggarakan seminar atau simposium ilmiah setiap tahunnya, baik di tingkat pusat maupun cabang. Topik-topik yang di bahas antara lain di bidang kosmetika, pengetahuan tentang nutrisi, pengaturan hormonal, obat-obatan, penggunaan alat terbaru sebagai cara untuk menjadi cantik dan sehat, yang tentunya dengan pendekatan ilmu kedokteran.

PERDESTI juga menyelenggarakan lomba penulisan ilmiah bagi para anggota pada setiap seminarnya. Diharapkan kesempatan tersebut merangsang para anggota untuk menambah wacana pengetahuan dibidang estetika medis, dan bias memberikan kontribusi pengetahuan di bidang ilmu kedokteran pada umumnya.
Di sisi lain, PERDESTI juga mengambil peran dalam ikut menyukseskan program “Health Tourism”. Dengan kinerja yang baik, terpercaya dan dapat menunjang pelayanan secara menyeluruh, terintregitas dan paripurna, maka bukan hal yang tidak mungkin akan menarik kepercayaan klien dalam dan luar negeri untuk berobat di Indonesia.

Dengan adanya penyelenggaraan pertemuan ilmiah akan mendatangkan pembicara ataupun peserta yang berasal dari mancanegara, sehingga terbuka kesempatan untuk mengikuti seminar sambil berpariwisata budaya.

PERDESTI HADIRKAN BEAUTY

Seiring dengan berkembangnya estetika medis tidak hanya di Indonesia, tapi juga seluruh dunia, yang merupakan kebutuhan bagi semua lapisan. “Tak hanya itu, estetika medis sekarang ini sudah merupakan industry dan terus berkembang,” ujar dr. Teguh.


Sebagai bentuk dari tanggung jawab moral terhadap masyarakat dengan memberi edukasi yang benar seputar estetika, tahun ini PERDESTI menghadirkan Beauty dalam acara ini. Bekerjasama dengan BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan), PERDESTI membantu memberi edukasi, pelayanan yang benar dan aman dalam pemakaian kosmetika kepada seluruh lapisan masyarakat tanpa memandang strata ekonomi.


“Kita akan menampilkan national nail competition, yang pemenangnya akan dapat mengikuti International Olympic Nail Art di Italia,” ungkap dr. Teguh kepada INSBEAUTY.