Wednesday, November 20, 2013

Gunawan Hadisuwarno


 

Sebagai seorang Hairdresser professional dengan multi talenta, Gunawan Hadisuwarno tak hanya lihai dalam cuting, coloring, dan styling. Lebih dari itu, ia mampu memberi sentuhan yang sempurna pada setiap karya-karyanya. Keahliannya dalam menata dan mengolah rambut ia buktikan dalam setiap show-nya. Kepiawaiannya tak hanya dalam teknik, pria kelahiran, Pekalongan, 9 Juni 1957 ini sukses memadukan dua unsur penting dalam dunia tata rambut, yaitu perpaduan antara ‘teknik dan art’


“Biar pun orang tidak mempunyai bakat untuk gunting (rambut-red), jika dia belajar tentang itu, pasti dia bisa menggunting rambut. Tetapi, untuk total look harus belajar dulu, lebih private, untuk mengasah sentuhan art-nya. Jika sudah menguasai teknik, tinggal mengasah sentuhan art-nya”, ujar Gunawan beberapa waktu lalu di Citywalk Function Hall, Jakarta.

Keahliannya, dalam mengolah’ setiap helai rambut menjadi indah dan menawan tertuang sempurna dalam sebuah konsep kecantikan ‘Total Look. Semua ini diperolehnya, bukan karena semata-mata ia adalah adik ‘Sang Maestro Hairdresser’, Rudy Hadisuwarno.

Mengikuti Perkembangan Trend
Kemampuan yang dimilikinya sekarang ini merupakan buah dari hasil kerja keras, melalui suatu proses pendidikan yang ketat dan profesional, telah dijalaninya sejak remaja. Bagi pria dandy ini, “ilmu adalah harga mati yang harus dimiliki oleh para praktisi kecantikan dan hairdresser di belahan dunia mana pun.”
 
Untuk menciptakan sebuah inovasi atau karya yang sempurna, tidak bisa hanya mengandalkan bakat atau talenta alami yang dimiliki oleh masing-masing individu, tetapi juga harus didasari ilmu pengetahuan yang baik dengan basic’ pendidikan yang kuat. Jika seorang praktisi rambut dan kecantikan tidak memiliki ilmu dan pendidikan yang baik, maka pengaplikasian berbagai teknik, seperti : cutting, blow atau coloring, tentulah hasilnya tidak sesuai harapan,” tegas penggemar memancing ini dengan senyum khasnya. 

Lebih lanjut, ambassador Matrix ini menambahkan bahwa wawasan yang baik tentu akan mengucurkan berbagai inspirasi, kreasi yang didasari pada nilai-nilai filosofi, teknik dasar, hitungan matematis, pengembangan ketrampilan secara khusus, serta penerapan ilmu dan pengetahuan dalam menciptakan sebuah karya-karya gemilang dalam bidang tata rambut, yang mutlak harus dimiliki oleh para praktisi kecantikan, semua ini harus seiring dan seirama dengan perkembangan jaman, kebutuhan, serta keinginan customer.
 
Selain itu, Gunawan juga menjelaskan bahwa nilai kebudayaan dan demografis suatu karya atau kreasi itu akan di terbitkan ke permukaan hingga nilai-nilai kesepadanan antara art dan teknik semua menyatu dalam sebuah karya yang sempurna.

Berbagai trend dunia banyak mempengaruhi karya-karya yang diciptakan mulai dari daratan Eropa, Asia, dan Amerika. Semua itu mengikuti perkembangan trend yang selalu berkembang dinamis. Tiada hal yang sulit untuk diketahui dari belahan bumi manapun,” imbuh pria yang telah menggeluti dunia hairdresser sejak 1980.
 
Kecantikan Tak Mengenal Usia dan Genre
Indonesia tidak seperti dulu lagi yang serba tertinggal dan minim akses.  Lihatlah, sekarang ini berbagai even kelas dunia banyak diadakan di negara kita. Mulai dari Cosmobeaute dan Cosmo Hair. Produk kelas dunia pun cepat sekali merambah pasar dalam negeri kita, bagaikan bunga-bunga yang bermekaran di ranah kecantikan nusantara”, tukas Gunawan lagi.

Pangsa pasar di bidang tata rambut dan kecantikan, kini tidak hanya didominasi oleh wanita-wanita berumur, seperti dahulu. Kini, dunia tata rambut dan kecantikan tak mengenal usia atau genre. Masyarakat kita saat ini telah lebih terbuka dalam menjalankan bisnis treatment dan kecantikan. Bahkan, tidak hanya menjalankan roda bisnis saja, tetapi customernya juga seperti kalangan pelaku bisnis, yang semakin lengkap dan beragam. INSBEAUTY by Yuko Handayani
  

BIODATA
Nama                        : Gunawan Hadisuwarno
Tempat/ Tgl lahir       : Pekalongan, 9 Juni 1957
Jabatan                     : Artistik Direktur 
                                   Rudy Hadisuwarno 
                                   Organization

Pendidikan
1977          : Rudy Hadisuwarno School, Indonesia
1983          : Morris Internasional School, London
1984          : Alan Internasional School London,
     Jinggle London
1985 – 1986  : Vidal Sassoon, San Francisco-USA
                       S O H, Tokyo, Bangkok, Thailand
1990              : Ellen Humming School
2010              : Wahl Academy Singapore

Pengalaman
2008 : Juri dalam acara Lomba tatarias rambut Ibu Tien Santoso.
2010  s/d saat ini : Fashion Director ICD Indonesia
2011 : Personality of the Year, Award dari Intercoiffure Mondial Paris
                              


                    INSBEAUTY by Yuko Handayani